Kamis, 19 Februari 2015

Bapak Paruh Baya



            Siang ini, matahari sedang beristirahat menjalankan tugasnya bergantian dengan awan yang membawa gumpalan air. Siap dijatuhkan ke bumi. Aku terduduk di halte, menunggu bus yang mengantarkanku pulang ke rumah. 

            Di sebrang sana aku melihat Bapak separuh baya dengan kaki yang menjulang ke depan pertanda ia sedang istirahat. Di samping kanannya terdapat tongkat yang bertugas memapahkan tubuhnya. Aku mengadahkan kepala, tanganku ku angkat setara dengan bahu. ‘Gerimis’ gumamku. Ku alihkan lagi pandanganku pada bapak separuh baya itu. Air hujan semakin membasahi tubuhku tapi bapak separuh baya itu tidak ada tanda-tanda berniat untuk berteduh.

            Dengan perasaan iba aku menerobos jalanan yang sudah basah, menghampiri bapak paruh baya itu dan melupakan tujuan awalku untuk pulang. Aku berjongkok di hadapannya dengan keadaan tubuh kami yang sudah basah kuyup dengan air hujan. Aku lupa membawa payung padahal aku tau cuaca sedang tidak baik.

“Kenapa Bapak tidak berteduh?” tanyaku pada Bapak paruh baya itu.

“Saya lelah dek, perjalanan yang Bapak tempuh lumayan jauh. Tubuh Bapak tidak cukup mengeluarkan energi lagi” ujar Bapak paruh baya itu dengan bibir yang bergetar.

“Bapak sendirian? anak atau istri Bapak mana?” tanyaku sambil celingak-celinguk mencari seseorang yang mungkin kenal dengan Bapak ini.

“Iya dek. Istri saya meninggal setelah kecelakaan menimpa kami dan anak saya ia pergi tak tau kemana setelah rumah kami disita oleh bank” ucapnya lirih. Aku tau Bapak paruh baya ini menyimpan banyak beban.

“Ayo pak saya bantu berdiri, kita berteduh di halte.“ ajakku yang langsung dapat anggukan dari Bapak paruh baya itu.

            Aku jadi teringat ketika aku berumur 8 tahun Ayahku telah menghembuskan nafas terakhirnya. Aku heran anak mana yang tega melantarkan bapaknya seperti ini? sepertinya tuhan mengirimkan bapak ini sebagai pengganti Ayah karena aku belum sempat merawat masa tuanya.

THE END.

(Bekasi, 15 oktober 2014)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar